Profil lulusan Program Studi S1 PGSD merupakan ahli di bidang pendidikan jenjang sekolah dasar yang kompeten, adaptif, inovatif, dan bekharakter malaqbi sebagai pendidik, peneliti, praktisi dan wirausaha di bidang pendidikan baik di level nasional maupun internasional.
Profil lulusan | Deskripsi |
Tenaga Pendidik | Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengembangkan pembelajaran berdasarkan keilmuan, karakter malaqbi, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan serta mampu meningkatkan kompetensi sebagai pendidik sehingga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. |
Peneliti Pemula/Asisten Peneliti | Peneliti Pemula/Asisten Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan serta mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar. |
Praktisi Pendidikan | Praktisi yang mampu mengelola, mendesain, mengembangkan, dan mengevaluasi program/kegiatan pendidikan secara adaptif dan solutif serta memahami etika profesi dengan baik . |
Wirausahawan | Wirausahawan yang mampu mewujudkan entrepreneurship secara kreatif di bidang pengelolaan dan pengembangan desain, media, alat peraga, model pembelajaran, dan penyelenggaraan lembaga pendidikan maupun di bidang lain. |
Indikator Profil Lulusan
Profil lulusan | Indikator |
Tenaga Pendidik | Menjadi pendidik di jenjang sekolah dasarBerhasil terpilih sebagai pendidik berprestasi atau berdedikasi tingkat kabupaten, provinsi, nasional dan atau Internasional.Menjadi mentor bagi teman sejawat dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik.Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi . |
Peneliti Pemula/Asisten Peneliti | Melaksanakan penelitian di bidang pendidikan dan pembelajaran di SD.Memiliki karya tulis yang terpublikasi di jurnal nasional dan atau jurnal internasional. |
Praktisi Pendidikan | Mendirikan lembaga pendidikan, baik formal maupun nonformal.Menjadi Pimpinan, pengawas, dan assesor akreditasi sekolah dasar . |
Wirausahawan | Inovatif dan Kreatif dalam mengembangkan desain media/alat peraga pembelajaran.Berhasil mengembangkan best practice model-model pembelajaran di sekolah dasar dan lembaga pendidikan pada umumnya. |